Sabtu, 24 September 2011

Cara Belajar Efektif



Cara Belajar Efektif biasa disebut dengan Cara belajar yang bermakna atau cara yang ampuh untuk belajar dengan cara yang cepat dan efisien. Biasa dilakukan dengan belajar mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu. Belajar mengenal sifat-sifat kita masing-masing. Belajar mengenal kebiasaan kita. Dan yang paling utama adalah kita siap belajar mengetahui keinginan kita.



Karena dengan keinginan yang kuat, Kita bisa menjadi sangat fokus. Jadi Cara belajar efektif adalah fokus. Yaitu fokus terhadap pelajaran yang sedang dipelajari dengan cara cepat yang efektif. Belajar fokus itu berarti : Sangat serius, Berusaha dengan keras dan berkonsentrasi.

FOKUS
Seseorang bisa menjadi sangat fokus jika sesuatu yang ia pelajari itu ia sukai, Dan menyenangkan baginya. Terlebih jika memang cara fokusnya untuk hal-hal yang mereka inginkan. Secara otomatis, maka ia akan bisa menjadi sangat fokus.
Satu contoh tentang cara fokus adalah seperti berikut : Jika anda perhatikan, Atau mungkin anda sendiri pernah mengalaminya. Yaitu ketika seorang lelaki berusaha mendapatkan cinta dari seorang wanita yang sangat dicintainya dengan sepenuh hati. Biasanya lelaki tersebut akan sangat fokus, Dan berusaha keras supaya cepat mendapatkannya.
Dalam hal belajar pun, Kita sebaiknya meniru contoh diatas. Yaitu : Kita dengan senang hati menyukai suatu pelajaran, Ditambah fokus. Dan berusaha memahami pelajaran atau ilmu pengetahuan itu dengan cara yang lebih efisien. Ini adalah cara belajar yang efektif.
Fokus dan keinginan untuk mendapatkan ilmu/pengetahuan, Adalah faktor yang sangat kuat dalam hal belajar yang efektif dan efisien. Anda mungkin bisa membayangkan satu waktu ketika anda tidak memiliki keinginan. Tentunya anda akan bermalas-malasan saja, Bukan?
Faktor-faktor lain supaya bisa belajar secara efektif adalah faktor lingkungan dan wawasan. Pikiran manusia identik dengan apa yang dia tahu, dia lihat dan rasakan. Itulah wawasan atau pengetahuan. Pikiran bawah sadar kita dikuasai oleh dari mana kita menerima informasi. Jadi misalkan anda ingin bisa memahami ilmu fisika, Maka cara yang paling efektif adalah anda harus menyukai ilmu fisika tersebut, Lalu anda semestinya memiliki hobi dalam membaca artikel-artikel atau makalah yang berhubungan erat dengan ilmu fisika itu. Dan akan lebih baik lagi, jika anda mau bergaul di lingkungan orang-orang yang memang menyukai ilmu fisika seperti anda. Mungkin disana anda bisa berbagi pengetahuan tentang fisika dan bisa belajar bersama-sama. Sehingga akan ada lebih banyak lagi ilmu fisika yang bisa anda pahami.

Langkah-langkah memahami satu pelajaran :

  • Anda mau fokus membaca, mengetahui atau mendapatkan gambaran tentang mata pelajaran yang akan disampaikan esok hari oleh guru atau dosen anda.
  • Melakukan Praktek atas inisiatif sendiri, Karena anda menyukainya.
  • Mendiskusikan pelajaran-pelajaran dengan kawan-kawan anda yang memiliki keinginan dan fokus belajar yang sama dengan anda.
  • Membaca materi pelajaran pada saat sebelum dan sesudah tidur dimalam hari. Cara ini adalah cara belajar yang paling baik untuk membuat pikiran anda supaya bisa lebih memahami materi-materi pelajaran.
Tentang Ketekunan
Jika kita mau mencermati cara dan sikap dari para pelopor ilmu pengetahuan dunia seperti misalnya Thomas A. Edison. adalah tentang bagaimana cara beliau membuat bohlam lampu. Thomas Edison begitu tekun sehingga dia berhasil membuat bohlam lampu listrik dengan sangat efektif, yaitu suatu alat penerangan yang pada era itu memang belum ada orang yang berhasil membuatnya. Penemuan dan pembuatan bohlam lampu listrik adalah salah satu contoh tentang ketekunan.

Kesimpulan
Jika kita menginginkan sesuatu lalu kita mempelajarinya dan melakukan riset dengan benar. Kemudian kita mengerjakan semua prosesnya secara terus menerus dengan tekun dan teliti, Maka insya allah kita akan cepat mendapatkannya.
Jadi ketekunan itu adalah cara mengerjakan sesuatu secara terus menerus dan efektif sampai berhasil. Dan ketekunan itu akan ada dengan sendirinya didalam pikiran bawah sadar kita. Caranya adalah jika kita memiliki keinginan.
Dalam hal belajar pun supaya bisa cepat memahami, kita senantiasa harus menempatkan unsur ketekunan ini didalam pikiran kita, Sebab tekun dalam belajar berarti terus menerus belajar sampai memahami.

sumber : http://www.ruslani.com/cara-belajar-efektif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar