Senin, 04 Juni 2012

Peminjam Misterius Kembalikan Buku Setelah 80 Tahun

TRIBUNNEWS.COM - Setelah 80 tahun, meninggalkan raknya, sebuah buku milik satu dari perpustakaan di yang ada Republik Irlandia kembali ketempatnya. Demikian diberitakan BBC News, Minggu (3/6/2012).

Buku itu dikembalikan ke perpustakaan Navan melalui, baru-baru ini tanpa diketahui siapa yang menaruhnya. Buku itu diletakannya di dalam kotak surat perpustakaan, pada akhir pekan kemarin.

Menurut data perpustakaan, buku itu dipinjam pada 1932, dimana denda untuk keterlambatan buku itu menurut Pustakawan, Ciaran Mangan sebesar 4.160 euro. Jumlah itu dihitung berdasarkan nilai denda yang berlaku pada tahun 1930-an yaitu satu penny per pekan.

"(Buku) ini telah dipinjam sejak diterbitkan dan dimasukan dalam koleksi dan sistem pada 1932," kata dia.

"Sebagai penganut Kristen yang baik, kami memutuskan untuk membebaskan denda jika seseorang datang dan mengaku telah mengembalikan buku tersebut," lanjutnya.

Tidak diketahui dengan pasti siapa peminjam buku itu, karena pihak perpustakaan baru menggunakan sistem pencatatan berdasarkan komputerisasi sejak 1994.

Bagaimanapun, hati nurani seseorang kemungkinan tergerak karena buku itu yang lama dipinjam itu merupakan majalah bergambar yang tercatat pada International Eucharistic Congress yang ke 31 di Dublin 1932. International Eucharistic Congress akan digelar di Dublin pada bulan depan.

Buku itu telah menarik banyak perhatian."Kami percaya (buku) ini dirawat dan kemungkinan berada di rak bersama dengan (buku) koleksi keluarga, bercampur dengan tumpukan buku meraka."Kami menyimpannya di rak pajangan karena menarik banyak perhatian, " kata Mangan.

sumber : http://www.tribunnews.com/2012/06/03/peminjam-misterius-kembalikan-buku-setelah-80-tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar