Jumat, 01 Juni 2012

Siswa Berprestasi Diutamakan Diterima Sekolah Tanpa Tes

Kompas.com - Siswa yang memiliki prestasi, baik akademik maupun non akademik, akan diprioritaskan masuk sekolah sesuai keinginannya tanpa harus melalui tes.
   
"Inilah salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah kota bagi anak yang selama mempunyai prestasi yang membanggakan," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Ikhwanuddin di Palangka Raya, Jumat.
   
Namun bagi anak yang memiliki prestasi olahraga beregu, akan ditentukan berdasarkan poin yang berbeda dari sekolah untuk masing-masing siswa. Untuk itu ia meminta kepada sekolah agar benar-benar mengutamakan pelajar yang sudah memiliki prestasi ketika melakukan pendaftaran siswa baru tanpa adanya tes.

Selain itu, sekolah juga harus mengalokasikan 30 persen bagi anak yang tidak mampu sesuai dengan keputusan yang sudah ditentukan.
   
Penerimaan siswa baru menggunakan sistem "online" pada 12 sekolah di Palangkaraya yang sudah ditentukan seperti tahun lalu, sedangkan sekolah lain masih dalam tahap kajian apakah bisa menggunakan sistem tersebut.
   
Untuk pendaftaraan siswa baru di sekolah RSBI dibuka dari 4-9 Juni 2012 pengumuman 30 Juni 2012, sedangkan sekolah reguler dari 29 Juni-4 Juli 2012 pengumuman pada 14 Juli 2012. Kuota murid satu kelas hanya diperbolehkan 32 orang, andaipun banyak peminatnya, harus benar-benar berdasarkan hasil tes.
   
Ikhwanuddin mengingatkan agar sekolah tidak memanfaatkan membludaknya minat masyarakat yang ingin memasukkan anaknya, dengan melakukan pungli dan aksi "jual beli bangku".
   
Ia mengimbau bagi masyarakat jangan mempercayai apabila ada oknum yang berjanji bisa memasukkan anaknya di sekolah yang diinginkan sehingga berani memberikan uang berapapun yang diminta.
   
"Apabila yakin dengan kemampuan anak, lebih baik jangan berusaha mencari orang yang bisa meluluskan anak," katanya.
   
Masyarakat juga diminta melaporkan jika ada di sekolah yang menarik pungutan untuk meluluskan anak. "Kami akan memberikan tindakan tegas bagi sekolah yang terbukti melakukan hal tersebut," tuturnya.
   
Ia berharap, penerimaan siswa baru tahun ini bisa berjalan lancar tanpa adanya isu yang tidak mengenakkan dan tidak dimanfaatkan oknum untuk menjadikan penerimaan siswa baru sebagai peluang meraup keuntungan.

sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/02/1349374/Siswa.Berprestasi.Diutamakan.Diterima.Sekolah.Tanpa.Tes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar